Kamis, 15 Maret 2012

Filosofi Psikodiagnostik

PSIKODIAGNOSTIK


Psikologi menurut Sigmund Freud adalah ilmu tentang ketidaksadaran manusia. Sedangkan menurut Descartes dan Wundt (Davidoff, 1981), Psikologi adalah ilmu tentang kesadaran manusia.
Pada akhir abad ke-19 terjadilah babak baru dalam sejarah Psikologi. Pada tahun 1879, Wilhem Wundt (Jerman, 1832-1920) mendirikan laboratorium Psikologi pertama di Leipzig yang menandai titik awal Psikologi sebagai suatu ilmu yang berdiri sendiri. Sebagai tokoh Psikologi Eksperimental, Wundt memperkenalkan metode Introspeksi yang digunakan dalam eksperimen-eksperimennya
Pada umumnya psikologi mengukur perilaku, yaitu sikap (kognitif, afektif dan psikomotor), attitude, dan personality individu. Dalam psikologi menurut Morgan, psikologi memasukkan unsur learning, yaitu bermain pada kapasitas IQ dari individu.
Penelitian wundt yang pertama kali, tertuju pada performance individu, yaitu membandingkan individu satu dengan individu lainnya menggunakan performance kecepatan individu tersebut. Misalnya kecepatan berlari.
Psikodiagnostik itu sendiri adalah keseluruhan cara, metode dan teknik untuk menentukan ciri suatu atau struktur psikis individu atau kelompok lain. Tugas dari psikodiagnostik yaitu mengembangkan pengetahuan tentang variasi atau perbedaan psikis.
Psikodiagnostik juga digunakan untuk menentukan jenis gangguan yang terdapat pada masing-masing individu. Metode psikodiagnostik ada 2 pengertian, pertama dalam arti sempit yaitu penggunaan tes-tes diklinik dan kedua dalam arti luas yaitu metode wawancara, observasi dan juga tes-tes di klinik.
Psikodiagnostik termasuk dalam psikologi diferensial, perbedaan psikologi umum dengan psikologi diferensial yaitu, psikologi umum mempelajari masalah, proses psikis, hukum-hukum psikis secara umum (akademis), psikologi diferensial itu sendiri mencakup keadaan ‘psyche’ dari macam-macam kepribadian, bangsa, dan tipe (Stern).
Dalam psikologi terdapat issue antara nature vs nurture. Nature adalah pandangan bahwa perilaku muncul sebagai bawaan sejak lahir, biologis, turunan gen dari orang tua.  Nurture adalah pandangan bahwa perilaku muncul sebagai hasil interaksi dari lingkungan sosialBelum ada yang bisa menunjukan secara ilmiah, mana yang berpengaruh paling besar antara nature atau nurture dalam pembentukan perilaku individu, namun pada dasarnya interaksi dengan lingkungan sosial lah yang paling berpengaruh dalam pembentukan perilaku, karena kehidupan sehari-harilah yang kita jalani sebagaimana filosofinya bahwa manusia adalah makhluk sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar