Senin, 26 Maret 2012

Jenis-jenis dan Alat Tes dari Cabang Psikologi


yap, udah seminggu nih baru nulis tentang psikodiagnostik lagi.

mmmmh, jadi bingung mau nulis awalnya gimana *ehh
soalnya udah kelamaan ga latihan taekwondo lagi, jadi uring-uringan gini deh.
loh loh loh kok jadi curhat gini sih ya.

yo yo yo, langsung mulai aja deh.
apa aja sih ilmu diagnostik yang didapat hari ini??

tes-tes psikologi. 
apa sih yang dimaksud dengan tes-tes psikologi??
tes psikologi atau lebih dikenal sebagai psikotes adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. tes dapat berbentuk tertulis, visual, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. 

ada beberapa jenis-jenis tes psikologi salah satunya tes populasi khusus dan tes kelompok.
apa sih yang dimaksud dengan tes-tes populasi khusus??
tes populasi khusus adalah tes-tes yang digunakan pada orang-orang yang tidak bisa diuji dengan cara biasa atau cara pada umumnya. 
dalam tes populasi khusus ini bisa kita lihat dari sisi kelompok usia dan juga ada yang dari sisi kurva normal.
jika kita berbicara dari sisi kurva normal, kelompok normal pastinya kita sering mendengar dan melihat  bagaimana tes-tes psikologi diterapkan pada umumnya dan pada kelompok abnormal (berkebutuhan khusus) tidak berbicara tentang intelegensi saja, namun juga kelebihan fisik. misal, individu yang tidak bisa mendengar, namun dia bisa dengan baiknya berbicara di depan khalayak ramai.

lalu, apa bedanya dengan tes kelompok???
jika tes-tes individu seperti skala stanford-binnet dan wechsler kita dapatkan dalam klinis, beda halnya dengan tes kelompok.
tes kelompok digunakan terutama dalam sistem pendidikan, tes pegawai negeri, tes dalam dunia industri, tes pilot, tes pendeta maupun dinas militer.
dalam dinas militer, tes kelompok yang digunakan adalah bernama Armed Forces Qualification Test (AFQT).


Hari ini saya juga mendapatkan ilmu mengenai alat-alat tes apa saja sih yang digunakan dalam cabang psikologi, diantaranya : psikologi klinis (anak dan dewasa), psikologi pendidikan dan psikologi sosial.

Alat-alat tes psikologi klinis anak

Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence Revised
Mengukur anak merespon pertanyaan dengan memilih gambar, mengukur anak untuk bisa menyimpulkan arti sebuah kata dari petunjuk yang semakin spesifik, mengukur anak untuk menjelaskan bagaimana dua hal atau konsep yang berbeda mengandung satu karakteristik umum.

Kaufan Assessment Battery for Children
mengukur ingatan jangka pendek anak, menguji kemampuan memecahkan masalah yang melibatkan beberapa proses sekaligus, mengukur kemampuan anak untuk memecahkan masalah asing secara berurutan.


Alat-alat tes psikologi klinis dewasa

Wechsler Adult Intelligence Scale (WAIS)
adalah tes yang dirancang untuk mengukur kecerdasan pada remaja dan orang dewasa.

Scholastic Aptitude Test (SAT)
tes standar untuk penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi


Alat-alat tes psikologi pendidikan

Tes stanford-binnet
mengembangkan konsep mental age (MA) atau  usia mental, yakni level perkembangan mental individu yang berkaitan dengan perkembangan lain

Tes standard
membandingkan kemampuan murid dengan murid lain pada usia atau level yang sama

Tes prestasi
mengukur apa yang telah dipelajari atau keahlian apa yang telah dikuasai murid


Alat-alat tes psikologi sosial

Dalam psikologi sosial alat ukur yang digunakan tidak melihat / diujikan seperti kebanyakan alat ukur dalam bidang psikologi lain. Dalam hal ini alat ukur di psikologi sosial dengan mengobserver yang dibantu dengan quisoner.

Observasi
mengamati secara hati-hati perilaku yang ada pada individu

Metode survei (survey method)
sebuah metode penelitian dimana sejumlah besar orang diminta untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan tentang sikap dan tingkah laku

Metode korelasional (correlational method)
sebuah metode penelitian dimana ilmuwan secara sistemastis mengobservasi dua atau lebih variable untuk menentukan apakah perubahan yang terjadi pada salah satu variablen tersebut disertai oleh perubahan variable yang lain

1 komentar:

  1. alhamdulillah..saya juga hari ini bisa diingatkan akan banyaknya alat tes dalam psikologi...senang membacanya di blog ini, selain psikologi banyak info lainnya seperti bahayanya pakai high heels. mungkin juga perlu dibuat kajian kenapa wanita suka memakai high heels? pasti akan menarik untuk ditelusuri....sukses dan tetap berbagi ya...untuk 1ndONEsia...salam SOBAT!

    BalasHapus