Sabtu, 24 Maret 2012

Resiko Memakai High Heels Terlalu Sering

Ramping, seksi, cantik dan elegan. Begitulah kesan yang Anda lihat saat Anda memakai sepatu bertumit tinggi atau high heels. Sementara mata Anda dipuaskan dengan kecantikan, bagian tubuh Anda yang lain tersiksa.

Fashion yang tinggi sering mengalahkan kenyamanan. Sherri Greene, DPM, ahli penyakit kaki di New York, setiap hari kebanjiran pasien yang sebagian besar memiliki masalah yang disebabkan oleh sepatu hak tinggi.

Memakai sepatu hak tinggi memang memberikan gambaran akan seorang wanita yang Anda inginkan. Membuat wanita tampil lebih tinggi, tentu saja, dengan punggung melengkung untuk mengubah bentuk bokong dengan dada yang sedikit membusung. Namun fatal akibatnya jika Anda tergelincir karena sepatu hak tinggi.

Masalah pada kaki 
Menjejalkan kaki Anda ke dalam sepatu dengan tumit terlalu tinggi atau memakai sepatu tinggi terlalu lama dapat menyebabkan kaki sakit dan memunculkan masalah lain bagi tubuh Anda :

Bunions
Bunion adalah pembengkakan pada sendi yang terjadi pada jempol kaki. Area ini akan menjadi merah dan sakit dan ujung jempol kaki Anda akan mulai mengarah ke ujung jari di sebelahnya. Bunions lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria, dan masalah kaki ini kerap terjadi berkaitan dengan sepatu yang ketat, sempit, berhak tinggi. Bunions bisa sangat menyakitkan sehingga dalam beberapa kasus akhirnya memerlukan pembedahan.

Kaki sakit
Saat Anda mengenakan sepatu berhak tinggi, semua berat badan Anda tertumpu hanya pada satu bagian di kaki Anda, telapak kaki bagian depan (bell of foot). Sepatu dengan hak setinggi 3 inci saja sudah memberikan tekanan pada area ini 7 kali lebih berat daripada ketika Anda mengenakan sepatu flat.

Bila berat Anda bertumpu terlalu sering pada kaki, dan kaki Anda tidak mendapatkan ruang yang nyaman dalam sepatu, Anda akan mengalami peradangan pada bagian lain di kaki Anda yang berpotensi pada pengembangan neuroma, yakni pembengkakan yang menyakitkan yang terjadi pada saraf-saraf kaki. Masalah lain yang timbul akibat high heels adalah "hammertoe". Jari-jari yang melengkung atau membengkok karena terjepit, juga kulit yang menebal dan timbulnya bintik-bintik yang menyempil di sela-sela jari.

Otot dan nyeri sendi 
"Secara struktural, tubuh Anda tidak dimaksudkan untuk memakai sepatu hak tinggi, dan Anda harus melakukan kompensasi begitu banyak dengan tubuh Anda ketika Anda berjalan," kata Greene. Anda cenderung akan merasakan sesak di betis saat Anda memakai high heels.

Penggunaan yang berlebihan juga dapat menempatkan Anda pada risiko masalah lutut, pinggul, leher dan nyeri bahu. Dalam banyak kasus berulang, pemakaian high heels juga membuat tendon achilles wanita menjadi lebih pendek sehingga tidak memungkinkan lagi untuk menggunakan sepatu flat.

Memakai sepatu dengan hak tinggi boleh-boleh saja namun batasilah pemakaiannya, misalnya hanya untuk acara makan malam atau di pesta pernikahan. Untuk kegiatan sehari-hari Anda, pakailah sepatu dengan tumit lebar yang memberi stabilitas yang baik. Jika Anda memakai sepatu runcing, pastikan mereka mulai menyempit pada telapak kaki bagian depan sehingga masih menyisakan ruang yang cukup nyaman bagi kaki Anda.

Regangkan kaki dan pijat-pijat setiapkali Anda pulang berpergian. Berikan betis Anda bentangan panjang untuk membuatnya rileks. Terlepas dari menggunakan sepatu berhak tinggi atau rata, gunakan sepatu Anda bergantian dan jangan gunakan sepatu yang sama setiap harinya. Ini untuk memastikan kaki dan betis Anda tidak bergerak dalam posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama. (everydayhealth/ep)





Bagaimana??? masih ingin mencoba menggunakan heels secara berkepanjangan???? atau ingin mencoba ekstreem heels berikut ini???


sky high heels make bones injury, because the body weight centered on the soles of foot. 
You're inviting a fractures

2 komentar:

  1. ngilu ke bacanya (T_T)

    Mungkin sebagian besar orang menganggap menggunakan high heels itu menjadi lebih tinggi dan jalan lebih anggun..

    Padahal, nggak pake high heels pun bisa juga jalan anggun. Cmanacmana??

    Dan juga, gak semua yang tinggi itu indah. Small is beautiful too. Hehehe.... ngerti lah lu maksud gue ke xD

    BalasHapus
  2. iya syir, gue juga nulisnya jadi gemeteran karen gue dulu juga pernah ngerasain gmn sakitnya nahan tungkai yg ngilu krna make heels, mknya skrg jadi jarang make kan. haha

    betul sekali, bentuk tubuh yang anggun saat berjalan bukan hanya di ciptakaan saat kita memakai heels kok.

    yayayayaya i know what you mean. hahaha
    tetep ya syir???? haha

    BalasHapus